Kabar Kilat

24 Mei 2010

84 di ESC (MAN 5 Jakarta)


“Lomba yang Melelahkan dan Lambat”…
Jakarta- Kemarin (23/5), Passlaras 84 mengirimkan 2 pasukannya ke lomba ESC yang diselenggarakan oleh MAN 5 Jakarta. Dengan komposisi 1 regu putra (Dolphin Quest) dan 1 regu putri (Cempaka Quest). Passlaras 84 yang seminggu sebelumnya kecewa karena tidak bisa berangkat ke ajang bergengsi milik SMPN 66 Jakarta “Lobak Galang 2010” kini terbayar sudah kekecewaan itu dengan menyabet Juara Umum di event  ESC kali ini dengan perolehan nilai 2518 (dua ribu lima ratus delapan belas). Meskipun, kualitas dan kuantitasnya berbeda jauh dengan Lobak Galang.


Lomba (ESC) yang baru di buka di sekitar pukul 9 pagi ini, mengundang banyak komentar dari para peserta hingga bindamping/Pembina. Komentar tersebut berputar sekitar:
Jarak yang jauh antar pos: mungkin ini jadi lomba terjauh ke-2 buat kami setelah LLBP (Lomba Lintas Budaya Pesisir).
Tidak ada gaet atau pengawas maupun tim kesehatan yang mengawasi peserta: Menyebabkan banyak peserta yang jatuh pingsan di tengah perjalanan.  Bersyukur tidak ada satu anggota baik dolphin maupun cempaka quest yang jatuh pingsan saat perjalanan.
Adanya perubahan materi yang tidak sesuai dengan hasil TM (Technical Meeting): “ketidak hadiran penanggung jawab pada hari H ditambah bahwa ada kabar kalau soal yang telah kami buat telah bocor, membuat panitia harus merubah materinya, dan kami mohon maaf bila kami tidak dapat memberitahu kakak akan perubahan tersebut.” Begitula kira-kira pernyataan panitia seputar perubahan materi yang tak sesuai TM tersebut.
Waktu lomba yang terlalu sore bahkan mencapai maghrib: kurangnya koordinasi antar panitia menyebabkan lomba terulur jauh dan terkesan alot. “seharusnya pada saat PBB berbarengan dengan yell. Tapi karena panitia yang sana (PBB) kurang koordinasi dengan saya maka, harus menunggu hingga PBB selesai baru pelaksanaan yell”  ujar panitia.

“Cempaka Angkat Juara Umum, Dolphin Terpuruk di Harapan 1”…

Education Scout Competition (ESC) yang di gelar oleh MAN 5 Jakarta (25/5), Menguras waktu dan tenaga. Passlaras 84 yang mengirimkan 2 regu yakni, Dolphin Quest dan Cempaka Quest berangkat dengan kekuatan lengkap 10 orang.
Di awali dengan upacara pembukaan yang ngaret hinga berjam-jam sampai dengan yell – yell yang terlewat sore baik Dolphin maupun Cempaka berhasil melaksanakannya dengan baik. Namun sayang, 2 regu tersebut tidak bisa mengikuti jalannya upacara penutupan karena waktu yang mencapai magrib dan mereka harus segera kembali ke gudep tanpa mengetahui hasil juang mereka.
Ka Edwin pun mengutus dua purna (ka paul dan ka rozak) untuk menunggu hasilnya dan memberi kabar ke gudep secepat mungkin.
Saat yang dinantipun tiba dimana seluruh bindamping dikumpulkan di sebuah ruang untuk menyampaikan kritik dan di beritahu siapa juaranya. Kritikan pun di lontarkan dan di jawab oleh panitia dengan permohonan maaf dan alasan yang lugas atas kejadian selama lomba berlangsung. Setelah peserta puas dengan jawaban dari panitia akhirnya pengumuman juara pun dibacakan di mulai dari hasil regu putra lalu putrid dan puncaknya pembacaan Juara Umum.
Dibacakan oleh panitia Dolphin Quest  mendapat harapan 1 dengan nilai 2.350 (dua ribu tiga ratus lima puluh),  kekecewaan pun nggak bisa disembunyikan dari 2 purna yang saat itu mendengar pengumuman. Dolphin yang terpaut 115 (seratus lima belas) dari sang juara satu, Kalelewar asal SMPN 151 JKT dengan nilai 2.465 (dua ribu empat ratus enam puluh lima).
Kekecewaan tersebut tudak berlangsung lama karena setelah juara putra di bacakan juara putri pun menyusul. Cempaka dengan nomor dada 014 berhasil menjadi juara 1 putri dengan nilai 2.518 (dua ribu lima ratus delapan belas), mininggalkan para pesaingnya dengan dengan nilai –juara dua-  Dahlia, nilai 2.428 (dua ribu empat ratus dua puluh delapan), -juara tiga-  Melati, nilai 2.333 (dua ribu tiga ratus tiga puluh tiga). Tidak hanya itu, dengan mengantongi jumlah nilai tersebut (2.518) Cempaka berhasil memboyong Juara Umum mengalahkan pesaingnya dari juara 1 putra, Kalelawar yang hanya mengantongi nilai 2.465 (dua ribu empat ratus enam puluh lima).
Biarpun Dolphin terpuruk ke Harapan 1 tapi Cempaka membayar semuanya dengan Juara Umum dan Passlaras84 tetap harum namanya. Dolphin harus berlatih lebih giat agar mendapat prestasi yang labih baik di lomba selanjutnya begitupun dengan Cempaka, mereka harus berlatih lebih giat agar prestasi yang sama bisa di ulang di lomba selanjunya. (-passlaras84-)
Pemenang sejati ialah mereka yang bisa mengambil pelajaran dari apa yang telah mereka kerjakan. (passlaras)

5 komentar:

PASKHASBARA66 mengatakan...

selamat ya atas keberhasilannya menjadi juara umum, pertahankan terus agar event yang akan datang bisa tetap berprestasi

Passlaras84 mengatakan...

Terimakasih Ka. Insyaallah Kami akan pertahankan prestasi ini.

IIAN mengatakan...

selamat yah juara umum ..
nilai kita jauh ma cempaka...
tetap semangat buat dolpin..

ex : ian "KELELAWAR"

sweety lolypopy mengatakan...

maju terus pramuka 84...
go 84 go 84 go..

Passlaras84 mengatakan...

Terimakasih semuanya...

Kabar Tetangga